Seperti sebuah blangkon… aku bukan pembuatnya, hanya memakainya, mengaguminya dan menceritakannya...

Rabu, 17 November 2010

POLA BATIK TRADISONAL

Saat ini batik sudah mendunia. Beragam festival dalam rangka memperkenalkan batikpun sudah terselenggara baik di kota asal mula batik, kota-kota besar maupun manca negara. Tapi belum banyak orang yang mengenal pola maupun tentang filosofi bentuk yang terukir dalam kain tersebut. Hanya mereka yang tergabung dalam komunitas batik saja yang memperdalam pengetahuan maupun sejarahnya.
Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, saya akan memperkenalkan tentang motif atau pola batik tradisonal. Apa yang saya tulis ini bersumber dari salah satu seminar yang pernah diadakan oleh komunitas batik di kota Yogyakarta pada 17 Mei 2008 yang disampaikan oleh Nyi Kushardjanti S.E, M.Si.

1.    Motif HUK
Motif Huk menggambarkan bentuk seekor anak burung yang baru saja menetas dan menggeleparkan sayap lemahnya dalam usaha membebaskan diri dari cangkangnya. Motif ini menggambarkan keikhlasan terhadap kehendak Sang Maha Kuasa. Ide motif ini berdasarkan pandangan hidup tentang kemana roh manusia akan pergi setelah meninggalkan tubuhnya.
Motif ini biasa digabung bersama motif ceplokan dengan latar gringsing, menjadi selingan pada motif parang atau berbaur dengan pola nitik.


2.      Motif GURDA 

Motif Gurda atau burung garuda yang dilihat dari sisi belakang. Motif ini diilhami dari mitos budaya Hindu yang menggambarkan kendaraan dewa Wisnu sebagai simbol kebijaksanaan. Sayap melambangkan kekuatan berkembang dan pengayoman. Ekor melambangkan harapan semoga kehidupan yang dibina baik akan berbuntut kebaikan. Dubur melambangkan jalan keluarnya telur yang bermakna sebab dan akibat merupakan kesatuan.


3.      Motif SLOBOK
Motif Sobok adalah bentuk geometris sederhana tapi sarat dengan makna. Slobok berarti saling bertaut dengan ukuran tidak kekecilan atapun tidak kelonggaran, bertaut dengan pas. Makna dari motif Slobok adalah sebagai kawula alit agar dapat menemukan hidup yang baik sehingga nantinya bersatu dengan Sang Maha Kuasa harus berusaha menjalani hidupnya dengan tidak kekurangan dan tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Dalam pewayangan, cara hidup ini digambarkan dalam kehidupan keluarga Punakawan, yaitu Semar dan anak-anaknya...

 4.      Motif PARANG
Motif Parang memiliki bentuk estetis yang disebut parang sebagai pola geometris dengan rapor belah ketupat yang disusun secara garis lurus miring  dengan sudut 45 derajat. Pola ini memiliki makna bahwasanya sebagai manusia pasti pernah mendapatkan cobaan dalam kehidupannya. Bahkan untuk merunut jalan Ilahi sekalipun akan mendapatkan tantangan jalan mendaki, berbatu-batu, tetapi tegas ke atas sehingga diperlukan iman dan ketabahan untuk mencapai tujuannya.

Bentuk parang sesungguhnya merupakan deformasi dari beberapa bentuk. 
Yang pertama bentuk ombak laut yang susul-menyusul mengandung makna bahwa dalam  dunia ini tidak ada yang mulus. Banyak cobaan hidup yang akan dialami. Bila dihadapi dengan sabar dan bijak akan melahirkan ketegaran.
Yang kedua adalah pusaran ombak yang distilasi menjadi bentuk intan yang dalam istilah batik disebut mlinjon. Bentuk ini bermakna bahwa perjuangan seorang pemimpin ibarat berjuang di dalam pusaran air, bila berhasil ibarat menemukan permata.
Adapun jenis pola parang antara lain sebagai berikut :
Motif Parang Rusak Barong
Motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma yang ingin mengekspresikan pengalaman jiwanya sebagai seorang raja dengan segala kewajibannya sekaligus sebagai manusia kecil di hadapan Tuhannya. 
Kata parang dalam bahasa Jawa dapat berarti musuh dalam peperangan (parang muka). Perang yang dimaksut bisa berarti peperangan batin yang senantiasa dialami oleh kaum dewasa. Sebagai seniman, Sultan Agung Hanyakrakusuma ingin menyampaikan pesan bahwa dalam perang sekecil apapun, sifatnya pasti merusak, maka setiap pemimpin yang memakai kain dengan pola Parang ibarat diingatkan harus berhati-hati bila menerapkan kebijakan perang.
Motif Parang Rusak Barong merupakan pola larangan, pada waktu itu hanya boleh dikenakan oleh raja, istri raja, putra-putri raja serta patih.

Barong merupakan deformasi dari bentuk burung rajawali yang merupakan simbol dari seorang "Wong Agung". Arti daripada simbol-simbol tersebut adalah:
- Kepala burung mengandung makna kecerdasan. 
- Paruh merupakan manifestasi dari isi mulut dilukiskan sebagai lidah api. Bentuk ini disebut uceng. Hal ini mengandung makna bahwa lidah seorang pemimpin ibarat api yang ucapannya dapat membakar orang banyak.
- Tuding mengandung makna bahwa tudingan seorang pemimpin akan menentukan nasib seseorang atau masyarakat.
- Badan bermakna kekuatan fisik yang diperlukan oleh seorang pemimpin.
Sayap mengandung makna kemampuan beraktifitas dan mobilitas sangat diperlukan oleh seorang pemimpin.
Masing-masing bentuk tersebut dibingkai oleh garis sawut yang diwarnai coklat soga yang bermakna spirit.

(Istilah dalam perbatikan : 2 mustika disebut mata gareng,  badan dan sayap disebut barong, ombak disebut parang dan intan disebut mlinjon)
Bentuk Parang Rusak Barong berkembang dengan berbagai variasi bentuk yang lain. Contohnya sebagai berikut :

A. Parang barong tumaruntum
B. Parang gendreh, bentuk barongnya maksimal berukuran 8 cm
C. Parang klitik, bentuk barongnya 4 cm
D. Parang klitik melik, bentuk barongnya 2 sampai 3 cm.













Perubahan bentuk dari burung menjadi barong.

 
(Bersambung....)

4 komentar:

Ratih Sari mengatakan...

mana nih sambungannya?, padahal artikelnya menarik lho,,,

fadly-se7en mengatakan...

terima kasih pak, dengan artikal menarik... mohon juga sambungan nya.. minta bantuan bagaimana saya bisa perolehi batik dengan motif HUK ? kiranya ada berdekatan Pemalang/pekalongan ?

Budhi Subroto Oboth mengatakan...

Memang budaya itu menunjukkan bangsa.

Metrolina Credit Company mengatakan...

Metrolina Credit Company
Halo

Apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk meningkatk an bisnis Anda lagi karena tugas kami untkarena uk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda harus khawatir tidak lagi. Metrolina Credit Company hadir untuk mempermudah pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kebutuhan keuangan lainnya

Ew dapat membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akan pinjaman dari perusahaan ini yang harus Anda lakukan adalah memberikan kredensial sejati Anda dan Anda dapat mengajukan permohonan kepada kami melalui hal-hal berikut.

Gmail: metrolinacreditcompany@gmail.com

Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hybrid.
Kepemilikan tunggal.
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.

Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang apapun yang Anda inginkan

Terapkan sekarang
Perusahaan Kredit Metrolina
metrolinacreditcompany@gmail.com

Terima kasih

Posting Komentar